Last Updated on June 2, 2025
Pelayanan jadi prioritas yang dilakukan oleh sebuah Bank Perekonomian Rakyat (BPR) di Kota Semarang, Jawa Tengah, ini. BPR ini bahkan tak tanggung-tanggung memberikan layanan fasilitas full VVIP. Yakni, memberikan layanan fasilitas pijat gratis bagi nasabahnya yang datang ke kantor bank untuk bertransaksi. Tidak hanya itu. Pihak bank juga membebaskan nasabah untuk membuat kopi dan teh sendiri.
Bank yang dimaksud adalah BPR Arto Moro Semarang atau lebih dikenal dengan sebutan Bank Arto Moro. Lokasinya di Jalan Elang Raya No 99 Semarang, di Kelurahan Mangunharjo, Semarang, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang. Gedung bank ini juga gak kaleng-kaleng. Jika biasanya image BPR berlokasi di ruko atau rumah sederhana, tidak dengan kantor BPR Arto Moro. Bank Arto Moro menempati gedung sembilan lantai. Fasadnya modern, dengan dominasi warna gold dan aksen merah-biru. Mewakili tiga warna khas perusahaan.
Meski berstatus BPR, Bank Arto Moro layaknya seperti bank umum. Desain interiornya cukup wah. Full layanan yang memanjakan nasabah atau masyarakat yang datang ke bank tersebut. Layanan seperti ini jarang ditemui di bank-bank umum, sekalipun milik pemerinatah atau swasta.
Bisa diklaim, nasabah BPR Arto Moro diperlakukan sangat istimewa dan super prioritas, tanpa membeda-bedakan nasabah. Layanan yang paling mengesankan adalah pihak BPR Arto Moro menyediakan kursi pijat. Siapapun nasabah yang datang, sembari menunggu transaksi, bisa menggunakan kursi pijat semaunya.
Alif, 23, nasabah tabungan pro-active Bank Arto Moro mengakui layanan yang dimaksud. Kata Alif, sembari menunggu diirinya dipanggil oleh teller, ia memanfaatkan kursi pijat yang disediakan manajemen bank. “Lumayan bisa pijat gratis. Saya kira hanya di bank ini ya, nasabah begitu dimanjakan oleh fasilitas layanan yang ada,” kata Alif.
Tidak hanya itu, Alif juga mengaku kerap membuat kopi dan teh sendiri saat menunggu antrean di bank. Seperti diketahui, pihak bank memberikan fasilitas berupa pemanas air, lengkap dengan paket kopi dan gula sachet. “Saya biasanya ambil sendiri dan buat kopi sendiri. Sekuriti bank-nya juga sangat ramah, mempersilakan nasabah yang datang untuk pijat dan ambil minum sendiri,” kata Alif.
Hal yang sama disampaikan Indah, 47, nasabah BPR Arto Moro. Kata Indah, layanan fasilitas Bank Arto Moro, tak ditemui di BPR lainnya. “Sekelas bank umum pun di Semarang tidak ada. Paling ya kita, kalau masuk ruangan, Cuma disuruh duduk,” kata Indah.
Tapi, di Bank Arto Moro, lanjut Indah, layanan yang ada begitu memanjakan nasabah maupun calon nasabahnya. “Coba bank mana yang menyediakan kursi pihat untuk nasabah yang datang. Cuma di BPR ini lho. Ini luar biasa,” pujinya.
Indah yang hobi ngopi, merasa kebutuhannya terpenuhi saat berada di Bank Arto Moro, ia bisa membuat kopi sendiri. “Luar bisa memang layanan Bank Arto Moro ini. Manajemennya keren, begitu memanjakan nasabah,” ucap warga Pudak Payung itu.
Artikel berita ini juga telah terbit di Jawa Pos Radar Semarang
https://radarsemarang.jawapos.com/ekonomi/725886927/satu-satunya-di-indonesia-di-bank-ini-nasabahnya-dapat-layanan-pijat-gratis-dan-bebas-buat-kopi-teh